Modul Praktikum TIK Kelas IIV

BAB I

MENGOPERASIKAN KOMPUTER DENGAN BENAR

A. Menyalakan Komputer

Langkah paling awal dalam menggunakan komputer adalah menyalakan komputer, hal yang perlu diperhatikan alam menyalakan komputer adalah:

1. Kenali CPU yang akan kita nyalakan terlebih dahulu, pastikan semua kabel telah terpasang dengan benar.

2. Cari dan temukan tombol power untuk menyalakan komputer di CPU, tombol power ditandai dengan lambang , dan tombolnya biasanya lebih besar dari tombol lain, tekan tombol tersebut sampai lampu power CPU menyala hijau.

3. Cari dan temukan tombol power di monitor (lambangnya sama), dan tekan hingga lampu power monitor menyala hijau

4. Tunggu beberapa saat hingga layar monitor menampilkan tulisan-tulisan tentang informasi komputer, dan disusul dengan gambarstartup dari Sistem Operasi yang digunakan oleh komputer, proses ini ditandai dengan lampu petunjuk pembacaan harddisk yang berwarna merah di sebelah lampu hijau di CPU berkedip-kedip

Langkah-langkah tersebut di atas dinamakan dengan prosesBooting.

Pada hampir semua sistem Operasi termasuk Windows XP, Prosesbooting-nya akan berakhir dengan tampilnya layar Desktop di layar monitor (Seperti terlihat pada gambar di bawah di halaman berikut).De sktop ini merupakan tampilan dasar dari layar Sistem Operasi Windows XP, di layar inilah semua kegiatan proses pengolahan data yang dilakukan olehproce ssor akan ditampilkan secara grafik dalam bentuk window-window (jendela-jendela program). Dalam keadaan kosong, di desktop ini terdapat tiga jenis objek standar yang mudah dikenali yaitu: (1)Wallpaper, (2)Icon, dan (3)Taskbar. Ketiga Objek tersebut dapat diganti, dihapus, ditambah, digeser, dipindahkan, dicopy atau dihilangkan sama sekali dari Desktop.


download file dokumen asli

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Teknologi Komputer - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger