Tips dan Triks Menghindari Data Hilang

seperti halnya barang elektronik lainnya, media penyimpanan seperti hardisk, Usb disk dan lainyya rentan mengalami kerusakan. itu sebabnya kita perlu membiasakan melakukanlangkah-langkah untuk meminimalisir kemungkinan rusak dan kehilangan data-data yang penting.

selain akibat dari kerusakan fisik perangkat keras, kehilangan data juga bisa disebabkan akibat virus. karenanya kiranya selalu mengupdate antivirus untuk menjaga sistem komputer. karena virus dapat merusak data file komputer.
1. MEMBIASAKAN SELALU BECKUP DATA PENTING

mulai saat ini biasakan selalu beckup data file yang anda naggap penting, karena anda tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi nanti.

2. MERAWAT HARDISK DAN FLASH DISK

yang paling mudah dilakukan untuk menjaga hardisk anda dari kerusakan adalah dengan sebisa mungkin tidak menginstal program atau game tang jarang digunakan. hardisk yang terlalu banyak isinya akan membuat kerja hardisk menjadi lebih berat, yang berpengaruh terhadap usia hardisk itu sendiri. hal ini juga berpengaruh terhadap kecepatan hardisk dalam pencarian file.

  • biasakan paling tidak satu kali dalam satu bulan untuk melakukan pemeriksaan terhadap hardisk dan buang aplikasi atau game yang jarang di gunakan.
  • pisahkan file penting anda denga data lain dan file sistem operasi ditemapat yag berbeda.
  • biasakan untuk merawat hardisk setiap minggu atau lebih, karena kehilangan data mempunyai dampak yang sama dengan sistem yang rusak. lakukan scan disk dan disk defragment secara teratur.
3. LAKUKAN DISK DEFRAGMENT SECARA BERKALA

fungsinya untuk merapikan data-data yang ada di hardsik anda. cara kerjanya disk defragment akan memeriksa hardisk anda, mencari file-file apa saja yang tidak ada pada tempatnya, dan memindah kan file-file keposisiyang semula. caranya klik STATR > All Program > Accesories > System Tool > Disk Defragmenter
4. SCANDISK

scandisk memeriksa hardisk dan mencari kemungkinan kemungkinan adanya error pada setiap permukaan piringan hardisk dan kemudian memperbaiki secara otomatis. sebagai contoh sebuah aplikasi terkadang tidak dapat dihapus sepenuhnya dari sistem dan scandisk cukup pintar dengan memperbaiki membantu mengembalikan bit-bit yang hilang yang mungkin sudah
tidak anda gunakan lagi

5. SELALU MATIKAN KOMPUTER MELALUI SHUTDOWN

hal yang juga sngat penting bagi pemilik komputer dengan sistem operasi windows adalah tidak sembarangan mematikan komputer, karena sistem pada komputer memiliki cara untuk mematikan komputer dengan benar. Jika anda tidak mematikan komputer dengan cara benar, resiko kehilangan file lebih besar.

kemungkinan yang paling parah komputer tersebut tidak akan bekerja secara normal karana piringan hardisk rusak akibat badsector. gambaran umumnya sama dengan disc VCD yang rusak akibat tergores dan tidak akan berputar dengan disk player.



6. PERLAKUKAN HARD DRIVE SEBAGAI BERIKUT

  • jika menggunakan dua hardisk, pasanglah pada satu kabel data (IDE) yang sama. jangan memasang drive yang lebih lambat bersamaan dengan kabel untuk memasang hardisk. hal ini akan berpengaruh terhadap kecepatan hardisk.
  • jika memasang dua hardisk, pasanglah hardisk dengan kecepatan paling tinggi sebagai primary master. drive ini yang kan digunakan untuk menyimpan file sistem operasi komputer anda. jika memungkinkan, buatlah partisi dalam hardisk anda dan tempatkan sistem operasi windows dalam partisi sendiri.
  • jika memungkinkan, simpan aplikasi penting dan beck up nya diluar drive C. gunakan hardisk eksternal untuk menyimpan beck up dokumen yang penting dan gunakan seluruhnya untuk menyimpan data.
  • gunakan virtual memori yang cukup , sesuai dengan besarnya kapasitas hardisk anda dan tempatkan virtual memory atau chace memory pada drive dimana sistem operasi windows diletakkan miaslnya di C.
  • yakinkan bahwa semua komponen sudah terpasang dengan benar agar tidak terjadi arus pendek. driver-driver perangkat juga terbebas dari konflik. melakukan kompresi pada hardisk memang dapat mengoptimalkan tempat. tetapi akan mengurangi kecepatan akses hardisk anda.
  • buanglah file sampah yang ada di temporary berekstensi .tmp dan .bak.


0 comments:

Post a Comment

 
Copyright © . Teknologi Komputer - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger